Home

 PELUANG USAHA DISTRO

Distro atau distribution store pada awal sejarah di dirikannya ( sekitar tahun 1994 oleh anak-anak muda di Bandung ) adalah sebagai tempat untuk menjual barang2 merchandise, pernak-pernik atau kaset album bagi band-band indie, selain juga komunitas pecinta extreme sport seperti skateboard, BMX atau surfing.
Di kota – kota besar , anak-anak muda sekarang ini begitu gandrung dengan produk-produk distro. Keunggulan dari produk distro selain unik, creative, up to date, limited ( jadi exclusive ) juga “gue banget” yang mungkin tidak akan mereka dapatkan di toko atau di gerai2 seperti Matahari Ramayana, Sogo dll .
Coba bayangkan, berapa banyak komunitas anak muda yang punya ciri khas sendiri-sendiri sesuai kelompoknya. Mereka ini biasanya membuat aneka aksesoris dan pernak-pernik mulai dari kaos, dompet, syal, stiker, gantungan kunci dalam jumlah yang terbatas. Makin eksklusif sebuah kelompok, mereka makin membutuhkan pernak-pernik yang menjadi penanda identitas mereka. Sebab, identitas tertentu yang melekat pada kekhasan aneka pernik yang serba diproduksi terbatas itu menjadi nilai tersendiri yang membanggakan.
Jelas sekali pada saat ini, distro telah menjadi semacam industri yang sudah di perhitungkan dalam kancah perekonomian nasional, di saat industri garment tanah air meriang di banjiri oleh produk import dari China .
Ini merupakan peluang pasar bagi Anda untuk mulai membuka usaha distro.
Kenapa memilih usaha distro,
  • Bisnis baju distro terbukti sebagai salah satu solusi menangkal krisis ekonomi
Krisis ekonomi yang terjadi di negara Indonesia menyebabkan banyak terjadi PHK di semua sektor pekerjaan sehingga menambah kembali tenaga pengangguran di Indonesia. Jika menjadikan distro Bandung sebagai barometer industri baju distro, distro di Bandung sebagai salah satu industri kreatif merupakan salah satu solusi untuk menangkal krisis ekonomi yang terjadi saat tahun 1990-an.
  • Bisnis baju distro tidak memerlukan modal yang besar
Apa benar bisnis baju distro tidak memerlukan modal yang besar ? tentu saja hal tersebut relatif, modal untuk bisnis baju distro bisa besar bisa juga kecil. Akan tetapi jika dibandingkan dengan bisnis lain, maka bisnis baju distro relatif lebih kecil.
  • Peluang pasar bisnis baju distro masih besar
Anak muda sekarang sudah mulai bisa memilih sendiri gaya dan pakaian mereka. Mereka cenderung mencari yang sesuai dengan jati diri mereka dan juga sesuatu yang unik sehingga apa yang mereka kenakan tidak sama dengan yang lain. Dengan banyaknya permintaan tersebut, jika bisa menemukan jalur dan koneksi yang tepat maka peluang pasar bisnis baju distro sangat besar..



Tahu Jeletot
Bagi penggemar gorengan, tentu tak asing lagi dengan tahu jeletot. Ya, tahu jeletot adalah tahu goreng yang berisi irisan kol dan wortel. Terkadang ada juga yang menambahkan bihun, tauge dan daun bawang di dalamnya.
Nah, berbeda dengan tahu isi biasa, di Depok ada Tahu Jeletot Taisi alias super pedas yang saat ini sedang digemari. Tahu pedas ini juga berisi kol dan wortel. Namun istimewanya, ada rasa gurih dan sangat pedas di dalamnya karena ditambahkan cabai yang digiling kasar. Tepung untuk membalut tahunya pun terasa pedas karena diberi cabai.
Tak sulit mendapatkan tahu ini. Jika kebetulan sedang melewati jalan raya Sawangan, Depok, pasti akan bertemu para penjual tahu pedas ini.

Owner Tahu Jeletot
Menurut Rudi (33) nama samaran, penjual tahu pedas di Indomaret Bukit Rivaria, sudah hampir setahun ia menjual makanan ringan ini. Awalnya, ia menjualnya di kawasan Perumnas Depok I yaitu di jalan Pipit Raya. Jualannya laku keras, bahkan dalam sehari bisa ludes hingga 400 pcs tahu.
Berawal sebagai Sales Manager di salah satu Bank Asing terkenal, Rudi lalu berubah haluan yaitu  menjadi penjual tahu pedas. Pasalnya, Depok adalah pusat jajanan di Jabodetabek. Semua ada di sini, jadi kenapa saya enggak jual makanan saja? Kebetulan saya sudah menjalankan usaha kuliner juga yang saya beli secara franchise dari daerah Jawa Tengah, papar Rudi yang membeli franchise itu seharga Rp 30 juta.
IMG02958-20120716-1823
@ Outlet Tahu Jeletot Cabang Indomaret Bukit Rivaria Sawangan Depok

Resep yang ia gunakan rasanya memang gurih dan mantap. Itu ia dapatkan setelah uji coba selama 1 bulan di rumah dgn menjual ke teman-teman dan sesuai pesanan dan 1 bulan lagi proses penyempurnaan pada saat penjualan di kios pada bulan pertama, barulah ia mendapatkan resep yang pas dan cocok di lidah para pelanggannya.
Sampai sekarang resep rahasia ini adalah salah satu kunci utama kesuksesan usaha ini, ujar Rudi yang kini sudah membuka cabang di 5 tempat dan 7 mitra karena pembelinya kian berjubel.
Rudi berjualan tahu pada jam 12.00 – 21.00. Saya bikin bumbunya pagi hari, jadi baru bisa berjualan siang hari. Tahu ini juga hanya bertahan 1 hari karena saya sama sekali tidak memakai bahan pengawet. Tahu yang dipakai Rudi adalah tahu khusus yang ia buat di pabrik tahu yang terkenal enak di Depok, dan tahu ini tidak dijual di pasaran, dia memproduksi tahu hanya sesuai pesanan.
Di dalamnya saya isi irisan kol dan wortel, dan bumbu cabai rawit merah. Tahu yang sudah diisi, saya masukkan ke adonan tepung terigu yang sudah diberi bumbu juga. Jadi, rasanya benar-benar gurih dan super pedas, tutur Rudi yang menamakan gorengan tahunya yaitu “Tahu Jeletot Taisi”.
IMG02956-20120716-1801
@ Outlet Tahu Jeletot Taisi (selalu ramai dan antre)

Saking lakunya, Rudi pun mulai membuka sistem waralaba, yang kini sudah ada 12 cabang. Dengan nilai investasi Rp. 10 juta, pembeli waralaba Tahu Jeletot Taisi sudah dapat booth berupa gerobak aluminium, bahan baku dan perabotan lengkap (siap jualan). Pewaralaba bisa balik modal kurang lebih 2-3 bulan, papar Rudi yang kini sudah memiliki karyawan 20 orang.
Menurut Rudi, jika ingin berbisnis, harus selalu inovatif dan kuat mental serta mempunyai semangat baja dan pantang menyerah. Banyak yang minta franchise di luar kota, tetapi saya belum berani karena kendala di bahan baku. Saya juga tidak mau mengurangi kualitas rasa, demi keuntungan sesaat, meski harga cabai terus naik, kata Rudi yang bisa meraup untung Rp. 20 juta per bulan.
Banyaknya cabang tak membuat Rudi kesulitan melakukan pengawasan, tinggal menghitung berapa jumlah tahu yang laku. Jadi saya enggak akan bisa dibohongi, tandas Rudi, untuk meyakinkan para mitranya dan calon mitra yang akan bergabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar